Jalan Kaki Menjelajah Bawah Laut Bali di Nusa Penida



Sea walk, menjelajah bawah laut dengan berjalan kaki


Bali! siapa yang nggak tau pulau satu ini, pulau yang akrab disapa Pulau Dewata atau The Last Paradise on Earth. Bali kerap jadi salah satu tujuan para pelancong, si penikmat keindahan laut.

Kali ini, saya akan mengajak kalian menikmati keindahan bawah laut Bali, tepatnya di Nusa Penida. Berbeda dari biasanya, kegiatan ini dilakukan tanpa harus bisa berenang untuk snorkling atau scuba diving melainkan hanya berjalan kaki.

Nusa Penida sendiri merupakan pulau yang berada disebelah Tenggara Bali, jadi kita perlu menggunakan speed boad untuk menuju ke sana. Penyebrangan ke Nusa Penida saya lakukan melalui Dermaga Sanur, membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk dapat sampai di Pulau Nusa Penida. 

Setibanya di Pulau Nusa Penida, tentu tidak langsung melakukan kegiatan air hal ini karena kegiatan bukan dilakukan di Pulau melainkan di tengah laut. Setelah melakukan beberapa aktifitas di Pulau, saya kembali menggunakan speed boad menuju lokasi kegiatan dengan waktu tempuh sekitar 20 menit.



Dermaga Sanur, Penyebrangan menuju Pulau Nusa Penida

Kegiatan menikmati keindahan bawah laut, dengan berjalan kaki ini disebut dengan Sea Walker. Tentunya, kegiatan ini sangat membantu bagi kalian yang tidak bisa berenang tapi penasaran buat melihat secara langsung kehidupan bawah laut. 

Sebelum masuk ke dasar laut, para petugas akan terlebih dulu memberikan penjelasan dan arahan. Penjelasan yang diberikan mulai dari alat yang akan digunakan, cara berkomunikasi dengan pendamping, hingga cara mengatasi beberapa hal yang nantinya dapat dirasakan saat masuk ke dasar laut. 

Terdapat 3 pendamping, yang akan ikut berada di dasar laut pada saat menyelam. 2 pendamping bertugas menuntun kalian hingga kedasar laut, sedangkan satu pendamping lain akan bertugas memfoto kalian selama kegiatan. Tentunya, para pendamping ini merupakan orang yang profesional dan berpengalaman. 

Untuk melakukan sea walker saya harus menggenakan alat sejenis helm, seperti helm astronot. Helm ini terhubung dengan selang, yang menyalurkan oksigen kedalam helm selama di dasar laut. Beban helm sendiri terbilang cukup berat, sehingga ketika helm dikenakan dapat mendorong saya menuju ke dasar laut. 

Karena hal itu, saya tidak memakai helm itu sendiri. Sebelum turun ke dasar laut, saya diminta lebih dulu turun dan berpegangan dipinggir kapal. Selanjutnya petugas yang memberikan instruksi akan menaruh helm tersebut ke kepala saya, sedangkan pendamping yang juga sudah berada di samping saya dengan siaga membantu saya mencapai dasar laut.

Persiapan sebelum melakukan sea walk

Setelah kaki menapak, pendamping memberikan aba-aba agar saya dapat berjalan ke track atau jalan yang telah disediakan. Jalan ini juga dilengkapi dengan pegangan besi, sehingga kita dapat berpegangan dan benar-benar berjalan. 

Tidak mudah berjalan di dasar laut, terlebih saat itu ombak dan arus tengah kencang, hal ini membuat badan kecil saya dengan mudahnya goyang mengikuti arus. Pendamping yang bertugas memfoto, kemudian mengarahkan saya ke satu titik agar mendapatkan gambar yang bagus.

Untuk hasil gambar yang menampilkan banyaknya ikan, sambil memfoto ia menyebarkan makanan ikan. Ikan-ikan yang sebelumnya menyebar, dengan sekejap berkumpul pada satu titik. 

Selama 20 menit di dasar laut, tentunya kalian dapat melihat langsung keindahan terumbu karang baik kecil hingga yang besarnya melebihi badan. Serta berinteraksi dengan ikan-ikan yang penuh warna, akan menjadi pengalaman tersendiri. 

Nggak perlu takut tidak menikmati keelokan biota laut karena kesulitan bernafas, atau mata terkena air. Air tidak akan masuk ke dalam helm, bahkan rambut kalian pun nggak akan basah. Setelah puas melihat-lihat, pendamping akan kembali membantu kalian naik ke permukaan. 

Selain mencoba sea walk, tentu saja kalian bisa ngelakuin beberapa kegiatan lain. Seperti snorkling, banana boad, donut boad dan jet ski. Jadi gimana? Minat mencoba?


Transportasi Menuju Pulau Nusa Penida

Banana Boad Jadi Kegiatan Lain yang Dapat Dilakukan


Donut Boad


Snorkling

You Might Also Like

0 comments

Ke Lombok? Yuk Intip si Manis Kuta Mandalika

Lombok, menjadi salah satu tempat yang banyak diincar para pelancong. Kali ini saya akan mengajak kalian mengintip sedikit keindahan pantai ...

Top Categories