Puncak Galau Gunung Kapur Rasa Milik Pribadi


Puncak Galau, Gunung Kapur Ciampea Bogor

Mau hiking, tapi nggak punya banyak waktu libur itu rasanya bikin geregetan. Buat yang ngerasain hal sama, saya mau ngasih tau tempat untuk kalian 'nyuri waktu' biar bisa hiking nikmatin alam seharian dan lokasinya dekat!

Ada yang pernah dengar nama Puncak Galau? Lucu ya, eits tapi yang naik kesini nggak cuma buat kalian yang lagi galau kok. Puncak Galau ini salah satu puncak yang ada di Gunung Kapur, Ciampea Bogor. Sebenarnya tempat ini lebih tepat disebut dengan Bukit Kapur, tapi kebanyakan orang nyebutnya menjadi Gunung.

Puncak Galau dengan ketinggian 354 mdpl merupakan salah satu dari lima Puncak yang dimiliki Gunung Kapur. Puncak lain yaitu, Puncak Batu Roti, Lalana, Arca Lima dan Karang Gantung. Tempatnya dimana si? Lebih tepatnya, Gunung Kapur ini berada di Kampung Reuma, Desa Cibadak, Kecamatan Ciampea, Bogor. 

Tidak perlu takut sulit kendaraan ke lokasi, soalnya jalan menuju Gunung Kapur dapat dibilang ramah transportasi. Selain bisa bawa kendaraan pribadi, kalian juga bisa pakai angkot atau ojek. 

Perjalanan yang saya lakukan bersama dua teman dimulai dari Stasiun Bogor, dilanjutkan menggunakan angkot ke arah Terminal Laladon. Sampai di terminal, perjalan masih dilanjut dengan angkot jurusan Jasinga-Leuwiliang. Naik dua angkot, kurang lebih menghabiskan uang Rp 10.000. 

Tapi jangan sampai bablas ya, kalian harus turun di depan Yayasan Pendidikan Pandu. Kalau nggak mau repot, sebenarnya kalian bisa ke lokasi dengan menggunakan kendaraan online, tinggal search Yayasan Pendidikan Pandu, tunggu abangnya pickup, duduk manis deh sampai di lokasi. 

Sampai di depan Yayasan Pendidikan Pandu, jangan masuk ke dalamnya ya, karena jalan menuju Puncak Galau, Gunung Kapur adanya di gang sebrang jalan Yayasan. Kalian tinggal masuk ke gang dan jalan kaki kurang lebih 1 kilo meter. 

Jalan menuju basecamp Puncak Galau
Jalannya beraspal dan melewati rumah-rumah warga yang terbilang padat penduduk. Diujung jalan, kalian akan nemuin pertigaan, ambil jalan yang ke kiri. Tak jauh dari sana, kalian bisa langsung melihat basecamp Puncak Galau. 

Buat kalian ketahui, meski satu Gunung, tapi jalan masuk menuju setiap Puncaknya berbeda-beda. Biar nggak salah kaya saya, niat hati mau ke Puncak Lalana, eh malah masuk ke gerbang Puncak Galau. Tapi nggak masalah, yang namanya jalan, kalau nggak nyasar ya nggak seru. 

Seperti pendakian pada biasanya, sebelum nanjak kalian harus lebih dulu mengisi nama, nomor telepon, asal, jumlah orang dengan biaya masuk Rp 5.000. Karena pertama kali nyobain jalur ke Puncak Galau, maka timbulah pertanyaan ke petugas penjaga "Sudah berapa orang yang naik dari tadi pagi mas?" 

Tanpa ragu petugasnya jawab, "Belum ada yang naik hari ini," yap jawabanya membuat kami saling pandang dan senyum sendiri. Karena kami jalan di hari Senin, kalau difikir ya jelas saja sepi. Mana ada orang disekitar Jabodetabek ini yang mau nanjak-nanjak hari Senin, yang ada juga pada sibuk kerja. 

Jajaran Pohon Jati, di jalan masuk menuju Puncak Galau

Memasuki gerbang, kalian akan lebih dulu melewati lapangan bola dengan tanah merah. Selanjutnya, kalian akan disapa jajaran pohon jati dan papan selamat datang. Setelah melewati jajaran pohon jati, kalian mulai masuk ke area dalam hutan. Karena nggak ada pendaki lain, track pendakian dan gunung ini benar-benar rasa milik pribadi, sepi dan tenang. Hanya monyet yang terlihat berlalu-lalang di track pendakian.

Perjalanan menuju Puncak terbilang cepat, saya memerlukan waktu kurang lebih 30 menit untuk mencapai puncak. Tapi jangan salah meski waktu tempuh sedikit, track yang dilewati cukup bikin nyengir dan tepok jidat. 

Track yang dilalui dapat dibilang menguras tenaga, kalian harus benar-benar memanjat, dan terdapat beberapa titik yang memaksa kalian untuk merasakan sensasi wall climbing. Sebenarnya terpasang tali di track, terlebih pada saat jalanan yang terjal. Namun sayangnya, tali-tali ini banyak yang putus disepanjang jalur. 


Track menanjak Puncak Galau

Meski Gunung Kapur memiliki tinggi yang tidak seberapa, tapi melihat tracknya saya sarankan untuk tetap menggunakan perlengkapan mendaki ya. Terlebih untuk penggunaan sepatu, biar nggak jatuh dan tergelincir. 

Sampai di puncak, kalian akan melihat heli pad yang menjadi andalan di Puncak Galau, dan beberapa batu karang dengan pemandangan kota Bogor dan Gunung Salak. 

Buat kalian yang memiliki waktu lebih, kalian bisa ngecamp di heli pad untuk berburu bintang dan sunrise. Tak hanya itu, perjalanan juga bisa dilanjutkan menuju Puncak Lalana. 

Tali yang terpasang dibeberapa titik track pendakian


Heli Pad di atas Puncak Galau, Gunung Kapur


Pemandangan dari Puncak Galau, Gunung Kapur


Puncak Galau, Gunung Kapur



You Might Also Like

0 comments

Ke Lombok? Yuk Intip si Manis Kuta Mandalika

Lombok, menjadi salah satu tempat yang banyak diincar para pelancong. Kali ini saya akan mengajak kalian mengintip sedikit keindahan pantai ...

Top Categories