'Charge' Badan Semalam di Pulau Ayer



Eh udah akhir tahun nih, biasanya akhir tahun jadi waktu yang banyak dipilih buat quality time sama keluarga, atau me time buat renungin perjalanan hidup yang udah dilewatin selama setahun. Momen kaya gitu sih enaknya sambil 'ilang' ditempat yang nyaman, tenang, bebas polusi. 

Cerita sedikit soal perjalanan saya di Kepulauan Seribu, tepatnya di Pulau Ayer. Bermalam di Pulau Ayer Island resort and cottages pada hari kerja bisa dibilang rasanya surga, lumayan nenangin otak dan badan walau cuma sesaat. Gimana nggak, disaat hari-hari sibuk yang biasanya hp harus selalu standby, khawatir kena tugas dadakan, bingung harus bikin berita apa, tiba-tiba lenyap seketika. 

Tergantikan dengan suasana pagi yang tenang saat melek mata, ditambah lagi sambutan kicau burung sama deburan ombak, dan udara segar yang nggak bisa didapat di kota Jakarta yang super sibuk. 

Pulau Ayer, Kepulauan Seribu

Di Kepulauan Seribu, Pulau Ayer menjadi salah satu pulau yang banyak disinggahi untuk berlibur. Jarak tempuhnya nggak jauh dari Jakarta, hanya memakan waktu sekitar 30 menit jika kalian berangkat dari Dermaga Marina Ancol menggunakan speed boad. 

Pulau Ayer Island resort and cottages ini, memiliki banyak type cottages buat tempat kalian menginap. Ada cottage Serui Standar, Fak-fak Family, Ransiki VIP dan Cendrawasi Bungalow. Cottage apung bisa disebut menjadi andalan, karena bertipe rumah panggung yang berada di atas laut. 

Cottage Apung Pulau Ayer

Kebetulan cottage yang saya tempati tipe  Cendrawasi Bungalow dengan posisi agak menjorok ke dalam pulau, jadi tidak benar-benar tepat dipinggir pantai. Cottage ini terbuat dari kayu mulai dari lantai, atap tangga, dan dinding. Tapi cottage tidak didesign full tertutup dinding, melainkan diberi kaca besar di sisi depan, kanan dan kiri. Jadi ketika kalian buka hordeng viewnya langsung ke pantai, liat pasir putih, pohon-pohon dan laut.

Masuk ke dalam cottage rasanya kaya di rumah. Agak sedikit terkejut karena cottage ini ternyata dua lantai dengan 4 single bed, sedangkan kami hanya bertiga. Maka diputuskan untuk tidak menempati ruang atas, jadi ngumpul aja di lantai bawah. 

Bagian Depan Cottage Bungalow Cendrawasi

Bagian Belakang Cottage Bungalow Cendrawasi

Dua kasur diletakan di sisi sebelah kanan pintu masuk, sedangkan toilet berada lurus dari pintu masuk. Tangga menuju lantai atas berada tepat disamping toilet, dan dibelakang tangga atau tepatnya di depan kasur disediakan ruangan lain. 

Di ruangan ini disediakan sofa lengkap dengan meja, serta tv dan daftar saluran media. Di lantai satu juga dilengkapi satu lemari pakaian, pendingin, dispenser, rak sepatu, sendal, payung hingga penanda arah kiblat.

Sedangkan dilantai dua, terdapat dua tempat tidur yang diletakan berdampingan, lemari dan meja rias. Tidak perlu takut pengap, di kamar atas ini juga terdapat satu jendela. Cottage ini dilengkapi dengan dua ac, satu di lantai bawah satu lagi di lantai dua.

Lantai Satu Cottage

Kamar Mandi, dan Ruang Tv

Untuk harga cottage tipe Bungalow ini, kalian bisa merogoh kocek sebesar Rp 840,000 per orang pada hari biasa, sedangkan hari libur per orang dikenakan biaya Rp 940,000. 

Harga ini sudah termasuk beberapa fasilitas, seperti welcome drink, 3 kali makan (sarapan, makan siang dan makan malam), speed boad untuk pergi dan pulang, dan jasa raharja insurance. Buat speed boad ini disediain dari Dermaga Marina Ancol dengan pemberangkatan pukul 09.00 WIB. Sedangkan waktu pemberangkatan dari Pulau Ayer ke Dermaga Marina Ancol 14.00 dan 16.00 WIB.

Lantai Dua Cottage

Biasanya, kalian harus lebih dulu booking beberapa hari sebelum menginap. Nah, untuk booking atau info lebih lengkapnya kalian bisa mampir sebentar ke www.pulauayer.com.

Sayangnya di Pulau ini kalian nggak boleh berenang di pantainya, hal ini karena banyaknya bulu babi disekitar pantai dan air pantai yang agak sedikit keruh. Tapi jangan khawatir, di sini disediakan fasilitas kolam renang yang bersih, jadi sepuasnya bisa berenang dengan view pantai. 

Untuk kalian yang bawa keluarga dan anak-anak, disini juga disediakan playground ada jungkat-jungkit, ayunan dan prosotan. Sekedar informasi di Pulau ini kalian juga bisa nemuin banyak biawak, biasanya biawak ini ada disekitar dermaga dan pintu masuk menuju pulau. 

Teras Depan Cottage

View Depan Cottage

Buat yang suka nyemil, saya rekomendasiin untuk bawa cemilan sendiri. Karena mengingat berada di pulau tengah laut, harga cemilan lumayan menguras kocek.

Usut punya usut, Pulau Ayer dulunya pernah jadi tempat istirahatnya Presiden Pertama Indonesia Sukarno, loh. Jadi gimana? Kuy nggak buat bermalam ngilangin mumet di Pulau Ayer.





You Might Also Like

0 comments

Ke Lombok? Yuk Intip si Manis Kuta Mandalika

Lombok, menjadi salah satu tempat yang banyak diincar para pelancong. Kali ini saya akan mengajak kalian mengintip sedikit keindahan pantai ...

Top Categories