Island Hopping Kegiatan Wajib di Belitung

Island Hopping di Belitung

Salah satu kegiatan wajib kalau kalian ke Belitung, ya island hopping! Ngapain tuh? Main dari satu pulau ke pulau lain.

Belitung terkenal memiliki banyak pulau lengkap dengan pantai, yang nyuguhin keindahannya masing-masing. Jadi, sayang banget rasanya kalau kita nggak mampir ke pulau-pulau disana. Menapaki kaki di Belitung, perjalanan saya dimulai dengan mampir ke Tanjung Pendam. 


1. Tanjung Pendam 


Tanjung Pendam ini, adanya di pusat Kota Belitung. Karena saya tiba di pantai ini pagi, maka suasana yang sepi cukup untuk menenangkan pikiran.



Spot foto Tanjung Pendam


Pasir dan kerang-kerang di Tanjung Pendam

Di pantai ini ombak tidak terlalu besar, beberapa pohon tampak berdiri berjarak di sekitar bibir pantai. Di pasir putih yang kalian injak sepanjang pantai, kalian bisa menemukan cangkang-cangkang kerang putih. 

Selain itu kalian bisa lihat Pulau Kalimua, pulau ini adanya tepat disebrang pantai Tanjung Pendam. Tak jauh dari pantai, kalian juga bisa duduk-duduk di pendopo, serta menikmati makanan khas Belitung yang bisa dibeli di rumah makan sepanjang pantai. 


2. Pantai Tanjung Tinggi Laskar Pelangi


Di hari berikutnya, tujuan pertama saya yaitu Pantai Tanjung Tinggi atau yang biasa disebut Pantai Laskar Pelangi. Dari namanya, pasti tau kan adegan di film laskar pelangi waktu Ibu Gurunya ngajak main seluruh murid ke pantai, lari-lari dan berdiri di batu- batu yang besar. 


Sudut Pantai Tanjung Tinggi

Di pantai ini kalian dimanjakan dengan hamparan pasir putih bersih, airnya pun nggak kalah bersih dan bening. Ciri khas di seluruh pantai yang ada di Belitung, yaitu banyaknya batu granit di sekitar pantai.

Sama kaya di Pantai ini, batu granit tersebar diseluruh sisi pantai. Hal ini menjadi pesona sendiri bagi Pantai Tanjung Tinggi.


3. Tanjung Kelayang


Masih dihari yang sama, tempat berikutnya adalah Tanjung Kelayang. Yap! island hopping dimulai dari sini.


Pantai ini nggak kalah cantik, airnya juga biru dan bersih. Meski begitu, agak kurang nyaman untuk main air atau berenang di Tanjung Kelayang. Hal ini karena banyaknya perahu yang 'parkir' atau bersandar di pinggir pantai. 


Perahu-perahu parkir di Tanjung Kelayang

Perahu-perahu inilah, yang akan digunakan buat kalian island hopping. Perahunya terbilang cukup besar, karena mampu mengangkut dengan kapasitas 12 orang. Tidak perlu takut, sebelum berangkat kalian akan terlebih dulu diberikan life jacket. 

Disepanjang pantai, banyak sekali rumah makan yang menyugugkan makanan khas Belitung. Apalagi kalau bukan seafood, top banget. Tidak hanya rumah makan, fasilitas seperti toilet untuk mandi juga tersedia. Ini memudahkan kita untuk membersihkan diri usai beraktifitas di air seharian. 




Pulau Batu Garuda

4. Pulau Batu Garuda

Perjalanan island hopping dimulai! Setelah melewati laut yang luas dengan air yang amat sangat biru dan bersih, tempat pertama yang akan dijumpai adalah Batu Garuda.

Sesuai namanya, kalian bisa melihat tumpukan bebatuan granit yang besar dan menyerupai kepala garuda. Batu garuda ini berada di tengah-tengah laut. Tapi kita tidak bisa turun ke sana, kita hanya diberikan kesempatan untuk berfoto dari atas perahu. Kemudian? lanjut ke pulau berikutnya.


5. Pulau Lengkuas


Nah, tempat ini jadi pulau yang paling terkenal dan pantang dilewatkan. Keistimewa Pulau Lengkuas ini karena adanya mercusuar, yang juga menjadi salah satu ikon pariwisata di Belitung. 


Sebelum benar-benar menginjakan kaki di pulau ini, mercusuar yang dibentengi jajaran pohon kelapa sudah tampak terlihat dari kejauhan. Kata warga yang berjaga disana, mercusuar tersebut bisa di naiki untuk pengunjung, kebayang dong gimana ngeliat pemandangan laut Belitung dari atas mercusuar. Sayangnya, pada saat saya kesana mercusuar sedang ditutup, alhasil ya cuma masuk diarea pelataran saja. 



View Pulau Lengkuas

Selain mercusuar, yang nggak boleh diskip disini adalah kegiatan snorkling. Sebenarnya banyak yang bisa kalian explore lagi di sini, tapi karena tidak sabar untuk snorkilng, usai berjalan-jalan maka kembali lah saya ke perahu. Lokasi snorkilng, tentu masih disekitar Pulau Lengkuas. 

Snorkling di sini, bisa saya sebut surga banget buat penikmat bawah laut. Gimana nggak, airnya yang bersih bikin ikan dan karang-karang di dasar laut terlihat jelas. Banyak ikan dan karang warna-warni yang bakal nyambut kalian pas nyelam, atau hanya sekedar nengok ke bawah sambil berenang di permukaan.


Kalian juga akan diberi makanan ikan, jadi sambil nyelam sebar makanan. Semakin epic karena ikannya semua ngumpul disekitar kalian. Selesai puas main air, masih dengan baju yang basah, saya lanjut ke pulau berikutnya.


6. Pulau Kepayang


Pulai ini cocok banget buat kalian yang mau istirahat, nikmatin suasana tenang dengan aingin dan suara ombak, apalagi setelah lelah main air, istirahat sambil nikmatin secangkir kopi, atau es lengkap dengan mie instan. 



Suasana Pulau Kepayang

Pasir putih di Pulau Kepayang terasa lembut di kaki, jadi bikin betah jalan-jalan mengelilingi pantai. Berbeda dari pulau-pulau lain, disini batu granit hanya terdapat disisi barat pulau sedangkan sisi lainnya hanya terdapat hamparan pasir putih dan pohon-pohon kelapa. 

Disini kalian juga bisa liat, keramba-keramba ikan kerapu di sekitar pantai milik nelayan. Katanya Pulau yang juga suka disebut Pulau Babi ini, kerap dipilih sebagai lokasi penginapan bagi pasangan yang baru menikah. 


7. Pulau Pasir


Pulau terakhir yang saya kunjungi adalah Pulau Pasir. Tadinya perjalanan ke Pulau Pasir mau dibatalkan, karena air laut sedang pasang. 


Keunikan pulau ini yaitu hanya akan terlihat bila air laut sedang surut, jadi kalau air laut pasang ya pulaunya hilang. Seperti namanya, Pulau ini merupakan tumpukan pasir putih, yap hanya pasir putih. 



Main Air di Pulau Pasir

Selain itu keistimewaan pulau ini, kita bisa nemuin banyak bintang laut disekitar pulau. Karena pada saat kami disana posisi air laut sedang pasang, maka pulau itu hanya terlihat sedikit. Meski begitu tetap bisa main air dan ngerasain pasirnya.


Seru kan island hopping? Kalau ke Belitung, jangan sampai kelewat ya nikmatin suasana pulau-pulau tersebut!

You Might Also Like

0 comments

Ke Lombok? Yuk Intip si Manis Kuta Mandalika

Lombok, menjadi salah satu tempat yang banyak diincar para pelancong. Kali ini saya akan mengajak kalian mengintip sedikit keindahan pantai ...

Top Categories