Ke Lombok? Yuk Intip si Manis Kuta Mandalika



Lombok, menjadi salah satu tempat yang banyak diincar para pelancong. Kali ini saya akan mengajak kalian mengintip sedikit keindahan pantai Kuta Mandalika, yang letaknya di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dalam tulisan ini saya nggak menyertakan estimasi biaya yang harus dikeluarkan ya, karena seperti biasa perjalanan disponsori dengan kerjaan. Saya ditugaskan mengikuti agenda Wakil Presiden Ma'ruf Amin, untuk beberapa kegiatan di Lombok, salah satunya melakukan peninjauan ke lokasi wisata Mandalika. Sambil menyelam minum air, jadi sekalian aja nikmati 'suasana liburan' di tengah hecticnya kerjaan, biar nggak stres.

Perjalanan dimulai dari  Base Ops Pangkalan TNI AU Halim Perdana Kusuma, berangkat pukul 09.00 WIB menggunakan pesawat kepresidenan.  Dengan berbagai protokol dan pengaman, penerbangan berjalan lancar hingga mendarat di Bandara Internasional Lombok.

Sesampainya di Bandara tentunya pekerjaan mulai menanti, saya dan rombongan harus terlebih dulu mengunjungi beberapa tempat kegiatan yang sudah dijadwalkan. Tapi tentu saja saya tidak akan menceritakan pekerjaan tersebut, so skip!



Usai melakukan beberapa acara dan kunjungan, karena waktu sudah sore dan jadwal hari pertama sudah habis, maka melaju lah kami ke tempat penginapan. Saya dan rombongan bermalam di Novotel Lombok Resort and Villas, tempat yang sama dengan Wapres (biar gerak kerjanya cepat, begitu katanya). Novotel Lombok sendiri tempatnya persis di pinggir pantai Kuta Mandalika, dengan jarak tempuh kurang lebih setengah jam dari Bandara.

Novotel memiliki beberapa jenis kamar, dari mulai kamar hotel biasa dan beberapa cluster lainnya. View kamar dan restorannya jelas langsung mengarah ke pantai, Novotel juga menyiapkan tempat untuk bersantai tepat di pinggir pantai.



Karena lokasi penginapan yang terbilang jauh dari tempat keramaian, atau belum adanya penginapan lain di sekitar lokasi. Membuat suasana tenang dan asri semakin terasa, terlebih lagi pasir pantai yang langsung bisa dirasakan sejak menginjakan kaki di penginapan. 

Setelah masuk kamar dan menyelesaikan pekerjaan, saya dan beberapa teman memutuskan untuk keluar merasakan suasana pantai. Masih mengenakan baju batik, celana bahan lengkap dengan sepatu, kami turun menuju pantai yang letaknya di belakang penginapan. 



Sampai di lokasi, ternyata ada beberapa wisatawan yang terlihat asik bermain bola volly di area pinggir pantai yang menjadi salah satu fasilitas penginapan. Main ke pinggir pantai dengan menggunakan setelan batik, ya pasti jadi sorotan. Tapi pesona pantai dan lautnya lebih menarik hati, jadi mau diliatin nggak masalah. 

Pantai kuta Mandalika terbilang bersih, air laut yang biru dengan deburan ombak yang perlahan membuat suasana semakin tenang. Ciri khas pasir di pantai ini tidak putih, melainkan berwarna krem dengan tekstur bulat atau sedikit kasar, bisa dibilang warna pasir disini tampak seperti merica. Kebayang nggak?

Pasir di Pantai Kuta Mandalika


Pantai ini terlihat semakin menawan, karena berpadu dengan keelokan bukit-bukit hijau yang ada disekelilingnya. Terlihat satu perahu nelayan terparkir tak jauh dari pinggir pantai. Pemandangan laut lepas, dengan semilir angin dan sesekali suara ombak membuat tempat ini cocok untuk menghabiskan waktu menikmati sunrise dan sunset.

Sudah di pantai tapi nggak ngerasain langsung kena airnya, rasanya nggak pas. Meski menggunakan pakaian yang formal, keinginan main air jelas nggak tertahan, jadi buka sepatu, gulung celana, sikat!




Keesokan harinya, waktu kerja dimulai lebih pagi. Usai salat subuh kami sudah harus  standby kembali, karena kegiatan senam pagi dan jalan lebih jauh mengelilingi pantai untuk melakukan peninjauan. Jalanan sekitar pantai dan penginapan telah rapih teraspal, tak jauh dari sana kalian dapat melihat ikon dari Kuta mandalika, dengan tulisan "Kuta Mandalika" dan satunya lagi bertulis "The Mandalika Kuta Lombok". 






Pantai Kuta Mandalika sendiri telah memiliki beberapa fasilitas, seperti tempat bermain anak, kamar mandi hingga tempat ibadah. Wisata di Mandalika terus dikembangkan untuk menjadi destinasi wisata internasional, ini dilakukan sejak ditetapkannya Mandalika sebagai Kawasan Ekonomi Khusus. Nggak hanya itu, di Mandalika saat ini juga masih disiapkan sirkuit untuk pelaksanaan MotoGP. 

Bagi kalian pemburu pantai dan ombak, selain Kuta Mandalika disini juga terdapat beberapa pantai lain yang dapat dinikmati. Diantaranya Pantai Seger, Pantai Serenting, Putri Nyale, Pantai Tanjung Aan hingga Pantai Gerupuk. Seluruhnya siap manjain kalian dengan pesonanya masing-masing, jadi pantang buat dilewatin!





You Might Also Like

0 comments

Ke Lombok? Yuk Intip si Manis Kuta Mandalika

Lombok, menjadi salah satu tempat yang banyak diincar para pelancong. Kali ini saya akan mengajak kalian mengintip sedikit keindahan pantai ...

Top Categories